lingkar2009

Bank BPD Diminta Lebih Transparan

In Uncategorized on 27 Januari 2010 at 00:14

Senin, 12 Oktober 2009 | 10:22

BANDA ACEH –Lingkar Mahasiswa Peduli Pendidikan (LMPP) Aceh meminta Bank BPD Aceh untuk melakukan transparansi pengelolaan dana abadi pendidikan Aceh dan dana lain yang berkaiatan dengan anggaran pendidikan, agar seluruh masyarakat bisa mengawasi dana tersebut bersama-sama.

“Dana abadi pendidikan Aceh jumlahnya cukup besar dan hingga saat ini belum banyak diketahui publik, termasuk bagi hasil bunga yang diperoleh dari penyimpanan,”kata Ketua Umum DPP LPMPP-Aceh Rahmad Ardiansyah dalam pernyataan tertulisnya kepada koran ini, Minggu (11/10).

Ardiansyah menyebutkan, dana abadi pendidikan yang selama ini disimpan tidak dapat disangsikan telah menghasilkan bagi hasil yang jumlahnya besar. Bahkan, sedikit sekali yang mengetahui keberadaan, kegunaan, alokasi dan pengelolaan dana abadi pendidikan itu sendiri.

Terkait perhatian BPD Aceh terhadap guru, sebut dia, selama ini masih terkesan kurang bersahabat dengan dunia guru. Buktinya, untuk dapat menerima kredit saja para guru harus membayar bunga yang tinggi meski kredit dalam jangka waktu relatif singkat sekalipun.
Menurut Ardiansyah, hal tersebut sangat membebani terutama guru yang pendapatannya tertumpu pada gaji yang diberikan pemerintah.

“Kita semua tahu bahwa para guru selama ini begitu setia untuk menjadi nasabah Bank BPD,”ujarnya.
Dengan pertimbangan itu, tambahnya, BPD Aceh harus lebih jeli dan konsen untuk meningkatkan derajat dan martabat guru yang telah menorehkan jasa bagi kemajuan Aceh.

“BPD Aceh semestinya dapat mendongkrak persoalan ini dengan memprogramkan program yang sesuai dan efektif seperti melakukan Profesionalisasi, pengalokasian beasiswa tahunan untuk melanjutkan studi, fasilitas pembelajaran di sekolah,”sebutnya.

Lebih dari itu, Rahmad Ardiansyah menambahkan, dari sebagian keuntungan yang selama ini diperoleh BPD sangat memungkinkan untuk disisihkan untuk perbaikan sarana pendidikan dan meningkatkan mutu guru melalui pelatihan atau sejenisnya. Sayangnya, BPD malah lebih konsen dan antusias mendukung program kegiatan olah raga.

Selain itu, LMPP Aceh juga meminta Bank BPD Aceh untuk lebih peka dan peduli terhadap pendidikan di Aceh dengan menyisihkan keuntungan untuk membantu meningkatkan mutu guru, pengadaan sarana dan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu dan menurunkan bunga pinjaman kredit bagi guru PNS di Aceh untuk pinjaman jangka pendek. (din/rel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: