lingkar2009

Disdik Aceh tak Boleh Kelola Proyek Fisik

In BERITA LMPP-Aceh on 27 Januari 2010 at 15:33
20 Januari 2010, 14:22
BANDA ACEH – Pemerintah Aceh berharap Dinas Pendidikan tidak lagi mengurus pembangunan fisik berupa gedung sekolah mulai tahun anggaran 2010. Saran ini disambut baik Ketua DPR Aceh, Hasbi Abdullah dan wacana ini akan terealisasi dalam APBA 2010.  Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar saat berbicara pada peluncuran program USAID-Decentralized Basic Education (DBE 2) di Banda Aceh, Selasa (19/1) mengatakan, pihaknya mengusulkan Diknas fokus pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Diknas hanya boleh untuk pengadaan peralatan komputer dan buku paket sedangkan proyek fisik berupa gedung sekolah ke Dinas BM/CK, katanya.

Ia menilai, merosotnya kualitas pendidikan akibat Diknas mengurus proyek fisik. Tidak boleh lagi oknum pejabat baik di kabupaten/kota dan provinsi yang memiliki perusahaan dan mengambil proyek di dinas. Ia mensinyalir ada pejabat di dinas memiliki perusahaan untuk mengambil proyek di instansinya.

Terhadap wacana Diknas tak boleh kelola proyek fisik disambut baik oleh Ketua DPR Aceh, Hasbi Abdullah. Kepada Serambi ia mengaku sepakat dan hal ini akan terwujud dalam APBA 2010. “Teman-teman dewan sepakat terhadap hal ini,” ujarnya. Keterangan serupa disampaikan saat menerima delapan mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Mahasiswa Peduli Pendidikan (LMPP) Aceh di ruang rapat pimpinan DPR Aceh. “Dalam RAPBA 2010 untuk pendidikan Rp 945 milyar. Dari jumlah ini banyak untuk pembangunan gedung. Tadi pagi saya sudah berbicara dengan Pak Wagub bahwa pembangunan gedung diserahkan pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK),” ujar Hasbi.

Menurut Hasbi hal ini diwacanakan agar ke depan Diknas fokus mengurus peningkatan mutu pendidikan termasuk merancang draf qanun tentang guru. Sesuai permintaan LMP-P pihaknya akan membahas kembali plot anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan seperti menaikkan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) guru dan penambahan beasiswa.

Kualitas pendidikan dasar
Sementara itu keberadaan USAID-DBE 2 di Aceh yang telah meluncurkan program kerja sejak Juni 2006 di Banda Aceh 20 sekolah, Aceh Besar 16 sekolah dan merambah ke 12 sekolah di Pidie, 37 sekolah di Bireuen, dan 40 sekolah di Aceh Tengah.  Tujuan ekspansi program USAID-DBE 2 menurut pimpinan USAID-DBE 2 Michael Calvano untuk memberi kerangka acuan kerja umum program DBE 2 dan sebagai fondasi membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program di sekolah dasar yang ada di Aceh. Setelah menjangkau program kerja di lima kabupaten/kota pada 2010 DBE 2 menjangkau 9 kabupaten/kota di Aceh sehingga jumlah seluruhnya menjadi 14 kabupaten/kota.

Ia mengatakan, dari hasil program tersebut penerima manfaat langsung diterima oleh 2.232 guru dengan jumlah murid 32.130 siswa yang berasal dari TK, SD, dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang ada di 14 kabupaten/kota di Aceh. Ada pun program di wilayah ekspensi meliputi paket matematika, paket instruksi audio inteaktif untuk TK, serta program tarian siaga bencana.

Pada acara peluncuran tersebut dilakukan penandatanganan Kerangka Acuan Kerja (MoU) yang ditandatangan sembilan bupati/walikota bersama pimpinan USAID-DBE 2. Acara ini disaksikan Wagub Aceh Muhammad Nazar di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Sembilan kabupaten/kota yang menandatangani KAK yaitu Pidie Jaya, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya.

Wali Kota Lhokseumawe, Munir Usman saat menjadi pembicara dalam forum itu menilai program ini sangat baik. Ia berharap mutu pendidikan ditingkatkan dan pendidikan agama harus sejajar di sekolah-sekolah umum. “Selama ini terkesan pendidikan agama terpinggirkan,” ujarnya.  Acara penandatanganan MoU dan Peluncuran Ekspansi Program USAID-DBE 2 dihadiri Ketua DPR Aceh, Hasbi Abdullah, Wagub Aceh, Muhammad Nazar, Kadis Pendidikan Aceh yang diwakili Drs Ashari, Kandepag Aceh, Rahman TB, dan USAID Indonesia, Tarmi Pudjiastuti.(sal/swa/c47)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: